Foto Gerhana Bulan di Papua: Hanya Menggunakan HP

Benda langit selalu menarik untuk dibahas. Salah satu yang sering dibicarakan adalah gerhana. Gerhana adalah fenomena alam yang hanya terjadi di waktu tertentu. Bila waktu dan posisi yang tepat, Anda bisa melihat langsung saat terjadinya gerhana.

Gerhana bulan terjadi pada saat matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, di mana bumi berada di antara matahari dan bulan.

Jadi, cahaya yang diterima bulan dihalangi oleh bumi selama beberapa menit, menyebabkan bulan tidak memancarkan sinar. Ukuran bumi yang lebih besar dari bulan cukup untuk menghalangi sinar matahari yang masuk ke bulan.

Berbeda dengan gerhana bulan, gerhana matahari terjadi saat bulan berada di tengah-tengah antara matahari dan bumi.

Jadi, cahaya matahari yang masuk ke bumi dihalangi oleh bulan. Proses terjadinya gerhana matahari juga memakan waktu beberapa menit, sesuai dengan waktu rotasinya terhadap bumi.

Karena waktu rotasi bumi terhadap matahari lebih panjang dibandingkan rotasi bulan terhadap bumi, maka waktu untuk terjadinya gerhana bulan akan lebih sering dibandingkan dengan gerhana matahari.

Itulah sebabnya kita jarang mendengar berita tentang adanya gerhana matahari dalam waktu beberapa tahun sekali.

Untuk waktunya, gerhana bulan sudah pasti hanya bisa dilihat saat matahari terbenam, sedangkan gerhana matahari terjadi saat matahari masih tampak, dan hanya beberapa belahan bumi yang merasakannya pada saat waktu yang tepat.

Gerhana bulan terakhir terjadi pada 8 November 2022. Untuk Indonesia, wilayah yang paling jelas untuk melihatnya adalah Indonesia bagian timur.

Kebetulan, saat saya mengabadikan foto ini, saya sedang berada di Indonesia timur, tepatnya di Arso, Kab. Keroom, Papua.

Jadi, saya bisa melihat proses terjadinya gerhana bulan pada 8 November 2022. Gerhana bulan tampak mulai sekitar pukul 17.00 WIT sampai 21.00 WIT.

Ini bukanlah pengalaman pertama melihat gerhana bulan. Sebelumnya saya sudah pernah melihat gerhana bulan saat masih tinggal di Medan.

Perbedaan yang paling terasa adalah kondisi cahaya. Ternyata benar, semakin minim cahaya, semakin tampak jelas proses terjadinya gerhana bulan.

Berikut adalah foto gerhana bulan 8 November 2022 yang saya abadikan menggunakan kamera ponsel, Xiaomi Redmi Note 9 Pro.

Foto Gerhana Bulan di Papua: Hanya Menggunakan HP
Gerhana Bulan Sebagian, Papua
Foto Gerhana Bulan di Papua: Hanya Menggunakan HP
Gerhana Bulan Total, Papua

Gerhana bulan yang tampak di Papua adalah gerhana bulan total. Kondisi cuaca saat pengambilan foto cukup cerah, jadi pengabilan foto di setiap sesi tampak begitu jelas. Kondisi cuaca dapat memengaruhi kualitas foto dan pengalaman melihat gerhana.

Saat berburu foto gerhana bulan, saya tidak menggunakan alat bantu lain untuk mengamati gerhana, seperti teleskop atau binokuler, hanya bermodalkan mata telajang dan HP. Meski hasilnya tidak sebaik hasil kamera profesional, tapi cukup untuk menjadikannya koleksi pribadi yang keren.

Tips Mengamati Gerhana:

Mengamati gerhana bulan adalah pengalaman yang menarik dan aman untuk diamati tanpa perlindungan khusus mata seperti pada gerhana matahari. Berikut tips untuk mengamati gerhana bulan:

  1. Pilih lokasi yang bebas dari polusi cahaya untuk mendapatkan visibilitas terbaik. Tempat dengan langit cerah adalah ideal.
  2. Anda bisa mengamati gerhana bulan dengan mata telanjang, tetapi benda seperti teropong atau teleskop dapat meningkatkan pengalaman pengamatan.
  3. Siapkan kamera atau smartphone untuk mendokumentasikan gerhana. Catat juga pengamatan Anda, seperti waktu mulai, puncak, dan berakhirnya gerhana.
  4. Ambil waktu Anda, nikmati momen langka ini, dan jangan terlalu fokus pada dokumentasi atau pengaturan alat.
  5. Pastikan Anda berada di tempat yang aman dan nyaman selama pengamatan, terutama jika Anda berada di tempat terbuka.

Dengan pengalaman pribadi saya saat melihat gerhana bulan di Papua, saya menyadari betapa pentingnya momen itu dan bagaimana kondisi cuaca dapat memengaruhi pengalaman kita.

Mengamati gerhana bulan adalah pengalaman yang menarik dan aman, dan dengan persiapan yang tepat, kita bisa menikmati momen langka tersebut dengan sepenuh hati.

Post a Comment