Cara Mudah Kompres Gambar Tanpa Diedit

Banyak cara untuk mengkompres gambar. Bisa menggunakan aplikasi komputer (dekstop), smartphone, atau langsung dari website penyedia layanan editing foto di browser. Di mana pada masing-masing pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar.

Di sini saya ingin menjelaskan cara paling sederhana untuk mengkompres gambar, hanya bermodal smartphone dan koneksi internet.

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Aplikasi berbagi pesan yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk berbagi informasi dan media.

Keunggulan menggunakan metode aplikasi Whatsapp ini adalah Anda tidak perlu mengatur ukuran dan kualitas kompresi file gambar yang akan dikecilkan. Karena sebesar apapun ukuran foto, akan tetap dikecilkan sesuai dengan ukuran media Whatsapp yang telah ditetapkan.

Jadi di sini Whatsapp kita pakai untuk mengkompres ukuran gambar asli yang awalnya ukurannya besar menjadi kecil. Tentunya tidak terlalu mengurangi kualitas gambar tersebut.

Cara kompres gambar menggunakan aplikasi whatsapp:

  1. Buka WhatsApp.
  2. Pilih kontak yang akan dikirim gambar.
  3. Pilih gambar asli yang akan dikecilkan ukurannya, lalu kirim ke kontak tersebut.
  4. Minta gambar yang telah terkirim untuk dikirim ulang/diteruskan ke whatsapp kita kembali.
  5. Cek di galeri gambar whatsapp yang baru dikirim, lihat hasil, bedakan ukurannya dengan yang asli.
  6. Anda bisa juga langsung menyimpan file yang telah Anda kirim tadi ke kontak lain. Pilih gambar yang telah terkirim, lalu pilih simpan.
  7. Bila cara ini tidak bisa, lakukan saja cara yang telah dijelaskan dari poin nomor 1.

Bila dibandingkan dengan ukuran aslinya, jelas hasil kompres whatsapp jauh lebih kecil. Dengan ukuran yang lebih kecil kita bisa dengan mudah mengaplikasikannya pada file-file yang butuh gambar ukuran lebih kecil, seperti: blog, cv, lamaran kerja, laporan, dan lainnya.

Khusus bagi para blogger, menggunakan gambar yang memiliki ukuran yang kecil akan sangat membantu websitenya banyak dikujungi. Hal ini disebabkan karena website yang memiliki kecepatan yang stabil akan lebih mudah terindex, dan pengunjung akan lebih berlama-lama berselancar di websitenya.

Hasil kompres ini juga memiliki kekurangan. Dengan ukuran yang lebih kecil, gambar akan terlihat lebih rendah kualitasnya. Tapi jika dibandingkan dengan cara lain, saya rasa hasil kompres whatsapp masih lebih baik dengan ukuran yang sama.

Jadi sekarang Anda tidak perlu menggunakan komputer untuk mengkompres gambar agar ukurannya lebih kecil. Dengan bermodalkan smartphone yang Anda miliki, Anda dapat membuat gambar dengan ukuran kecil seperti yang Anda harapkan. Selamat mencoba.

Posting Komentar