Lagu "Tentang Hidup" Sheila On 7 yang Underrated

Lagu Tentang Hidup - Sheila On 7 Yang Underrated

Bagi pencinta musik Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Sheila On 7. Grup band asal Yogyakarta yang sampai saat ini masih eksis di belantika musik Indonesia merupakan grup band legend yang memiliki banyak album dan lagu-lagu yang menarik untuk didengar.

Sheila On 7 sendiri berdiri tahun 1996. Formasi awal saat berdiri masih berlima. Ada Akhdiyat Duta Modjo (Duta) pada vokalis, Eross Candra (Eross) pada gitar, Saktia Ari Seno (Sakti) pada gitar, Adam Muhammad Subarkah (Adam) pada bass, dan Anton Widiastanto (Anton) pada drum. Pada tahun 2004 Anton keluar dari grup band, dilanjutkan Sakti pada tahun 2006. Brian Kresna Putro (Brian) masuk menggantikan Anton sebagai drummer, tetapi akhirnya keluar juga pada tahun 2022.

Sejak saat itu Sheila On 7 telah mengeluarkan 9 album sampai saat ini. 1 diantaranya merupakan soundtrack film, yaitu film 30 Hari Mencari Cinta.

Salah satu album terbaiknya adalah 07 Des, album ke-3 yang direlease pada tahun 2002. Di album ini terdapat 14 lagu yang di mana ada 6 video klipnya sudah direlease.

Berikut 14 lagu Sheila On 7 yang ada di album 07 Des:

1. Tunjukkan Padaku
2. Hingga Ujung Waktu
3. Seberapa Pantas
4. Seandainya
5. Buat Aku Tersenyum
6. Saat Aku Lanjut Usia
7. Mari Bercinta
8. Trimakasih Bijaksana
9. Tak'kan Pernah Menyesal
10. Tentang Hidup
11. Bapak-Bapak
12. Percayakan Padaku
13. Pria Kesepian
14. Waktu Yang Tepat Untuk Berpisah

Dari 10 lagu tersebut kita akan membahas lagu 'Tentang Hidup', lagu yang diciptakan oleh Eross sang gitaris.

Sebelumnya, Anda pasti sudah pernah mendengar kata underrated. Underrated adalah bahasa inggris yang artinya nilai dari sesuatu yang direndahkan atau lebih tepatnya bila diterapkan pada sesuatu atau seseorang bisa dibilang diremehkan. Yang dimana saat ini banyak digunakan orang untuk mengukur sesuatu hal yang besar tapi tidak sesuai dengan yang diberitakan atau dibicarakan banyak orang. Bagi pecinta bola, kata ini sudah sering digunakan pada pemain yang tampil cemerlang tapi pemberitaan kurang diexpose.

Mengapa lagu Tentang Hidup - Sheila On 7 saya nilai underrated? simak liriknya pada video ini:

Pada awal lagu terdapat lirik:

Akhirnya semua terjadi juga, yang ku takutkan, yang ku elakkan. Keresahan ini tak seharusnya terjadi, seakan jurang tercipta untuk kita.

Penggunaan kata yang menggunakan kiasan begitu mudah dimengerti artinya, seperti bermakna: hasil yang telah didapat dari apa yang telah dipikirkan sebelumnya, seperti sudah tidak ada harapan untuk dipertahankan.

Berikutnya, lirik yang menurut saya paling berharga di lagu ini:

Selalu ku coba menghangatkanmu, dengan sebatang lilin di tengah badai ini, aku pun tak ingin kau meredup dan membeku, dan lilin ini segalanya yang tersisa.

Perumpamaan 'lilin' di sini begitu berarti. Lilin seperti sebuah harapan kecil yang ada. Harapan yang sepertinya sudah mustahil untuk diwujudkan di tengah banyaknya permasalahan. Dan harapan kecil itulah yang tersisa, yang menjaga untuk tetap tenang di tengah badai.

Disamping liriknya yang kuat, gaya musik yang dimainkan pada lagu ini juga terdengar begitu pas. Itulah sebabnya saya menganggap lagu ini masuk katagori underrated.

Sayangnya lagu ini bukanlah salah satu lagu yang paling banyak orang cari dari album 07 Des. Berbeda bila penggemar sejati Sheila On 7 (Sheila Gank), pasti mayoritas mendengarkan lagu ini. Melihat dengan cara yang sama, kalau lagu Tentang Hidup - Sheila On 7 di album 07 ini dianggap underrated.

Penilaian orang pada gaya musik memang berbeda-beda. Setiap orang tidak memiliki selera musik yang sama. Itu lumrah dan sangat baik, musik jadi semakin berwarna. Saya mungkin menganggap ini underrated, ada juga orang yang menganggap biasa saja. Tapi bukan berarti kita tidak bisa menilai sesuatu yang berharga bukan?

Saya yakin banyak lagu-lagu yang ada, khususnya di Indonesia yang belum banyak orang mengerti seberapa berharganya lagu tersebut. Masih butuh ilmu dalam bermusik. Kalau istilah kerennya masterpiece 😁.

Oke, semangat terus, hentakkan hari-hari dengan mendengarkan musik yang Anda suka.

Kita dukung terus musik Indonesia dengan tidak membeli bajakan, tidak menggunakan sembarang ciptaan seseorang tanpa seizin penciptanya. Agar musik Indonesia dapat tetap eksis menemani setiap perjalanan. Agar Sheila On 7 dkk tetap ada di tahun-tahun berikutnya. Seperti di liriknya: "Ku berusaha untuk selalu di sini"

Post a Comment