Tips Awet Muda ala Teori Albert Einstein

Tips Awet Muda ala Teori Albert Einstein

Katanya, olahraga itu dapat buat awet muda. Ada juga dan kebanyakan mengatakan: "yang penting bahagia menjalani hidup pasti awet muda". Artinya olahraga bukan pilihan teratas, memiliki banyak uang mungkin pilihan teratas 😃.

Anda mungkin bisa semakin menyakini kalau olahraga memang dapat membuat awet muda setelah membaca artikel ini.

Kebanyakan orang pasti sudah mengenal Albert Einstein, Anda mungkin salah satunya. Ternyata salah satu buah pemikirannya yang terbesar di masa lalu dapat menjadi gambaran untuk kita menjalani gaya hidup di masa saat ini.

Salah satu temuan terbesar Albert Einstein adalah teori relativitas (diungkapkan pada tahun 1905). Semenjak itu paradigma terhadap waktu yang mutlak dipatahkan oleh teori tersebut.

Di teori tersebut Albert Einsten menjelaskan bahwa bergerak mendekati kecepatan cahaya dapat memperlambat waktu dari objek tersebut.

Sulit untuk diimajinasikan dan dirasakan 😅. Karena seluruh makhluk hidup di bumi merasakan keadaan yang sama (1 detik dirasakan 1 detik), seluruh makhluk hidup merasa waktu yang konstan. Dan juga sampai saat ini tidak ada yang bisa melakukan hal tersebut. Kalau pun bisa, muncul pertanyaan pertama: apakah material tersebut tidak hancur? bergerak dengan kecepatan yang super cepat. Kita abaikan dulu, bukan ini point yang ingin saya sampaikan.

Jadi di teori tersebut gambaran sederhananya seperti ini:

Ada 2 orang kembar (A dan B) berada di tempat dan waktu yang sama di bumi. Salah satu melakukan penerbangan (anggap ada pesawat yang dapat terbang dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya). Si Kembar B berada di pesawat mengeliling bumi selama 10 tahun. Si kembar B akan merasakan hal yang normal selama 10 tahunnya di dalam pesawat, sementara si Kembar A akan melihat pesawat tersebut terbang lebih dari 10 tahun di waktunya. Pada saat si Kembar B kembali ke bumi dan bertemu si Kembar A, mereka tidak lagi memiliki umur yang sama.

Itulah teori relativitas, ada dilatasi waktu yang terjadi pada suatu objek dengan jenis dan umur yang sama sebelumnya berada di ruang dan kecepatan yang berbeda.

Buat yang suka film Sci-Fi, teori ini juga ada dijelaskan di film Interstellar. Umur team pencari bumi baru melambat dibanding dengan yang ada di bumi. Karena team yang ada di pesawat berada di zona planet yang kecepatan putarannya lebih cepat dibanding dengan planet bumi.

Saya tidak bisa menjelaskan secara detail bagaimana teori relativitas ini, bagaimana dilatasi waktu bisa terjadi pada suatu objek. Tapi teori ini akan menjadi gambaran mengapa bergerak seperti olahraga dapat membuat awet muda.

Jadi seperti yang dijelaskan di teori tersebut, sesuatu yang bergerak akan memperlambat waktu objek tersebut.

Kita memang tidak bisa bergerak mendekati kecepatan cahaya, hal ini masih mustahil dilakukan saat ini. Tetapi bila dihitung berdasarkan teori tersebut artinya setiap gerakan memiliki nilai untuk perbandingan antara objek satu dengan yang lainya. Walaupun nilainya sangat kecil. Akan tetap ada selisih waktu bagi setiap objek tersebut.

Bagi pecintai dunia sains konsep ini sudah sering didengar dan mungkin sudah digambarkan pada hal lain, seperti pada gaya hidup. Bila digambarkan secara khusus, olahraga adalah sasaran yang tepat.

Salah satu olahraga yang menerapkan konsep banyak bergerak adalah lari.

Anda bisa memulai esok hari, berlari dalam jarak tertentu secara berkelanjutan di hari-hari lainnya. Lihat, seberapa banyak kerutan Anda bertambah di jarak waktu yang sama dibanding sebelumnya 😃.

Dari pembahasan ini bisa disimpulkan bahwa bergerak bisa memperlambat metabolisme tubuh, memperlambat terjadinya penuaan. Hal tersebut disimpulkan dengan pemahaman yang sama, karena waktu untuk tubuh juga ikut berubah bila dianalisa dari teori Albert Einstein soal dilatasi waktu, teori relativitas.

Intermezzo blog? tidak juga 🤞

Post a Comment