Cerita Google AdSense: Blog Pertama yang Diterima

Google AdSense Email Approve

Adsense adalah program periklanan dari Google yang memungkinkan para pemilik situs web atau blogger untuk memonetisasi konten mereka. Dengan Adsense, Anda dapat menampilkan iklan pada situs web atau blog Anda dan menerima pembayaran ketika pengunjung melihat atau mengklik iklan tersebut.

Awal mula mengenal Adsense adalah karena ketidaksengajaan. Berawal dari bermain media sosial Friendster, saya jadi sering menghabiskan waktu untuk browsing-browsing hal lain, melakukan pencarian di Google.

Dari beberapa hasil pencarian yang saya buat, hampir semua link mengarah ke sebuah blog. Saya jadi terpikir: "apa situs seperti ini bisa dibuat sendiri?". Ternyata bisa. Sejak saat itu saya jadi semakin banyak mencari bagaimana cara untuk membuat blog/website.

Selama mempelajari cara membuat blog, hasil di pencarian Google beberapa kali muncul artikel tentang "cara menghasilkan uang dari internet". Hal ini membuat saya semakin penasaran lagi. Ternyata memang ada, dan salah satunya itu adalah memasang iklan Google Adsense di blog/website kita.

Mengenal dunia blog secara tidak langsung memperluas ilmu saya tentang cara menghasilkan uang dari internet. Saya mulai dengan mencoba membuat beberapa artikel, mencari tahu bagaimana cara agar diterima adsense, dan banyak lagi.

Sayangnya dalam beberapa tahun tidak ada perkembangan. Mungkin karena belajar sendiri dan belum punya waktu untuk fokus ke bisnis internet, mencoba membangun blog hanya sebuah agenda.

Salah satu hal yang membuat sulitnya memotivasi diri adalah banyaknya hal yang harus disiapkan. Untuk blogger baru seperti saya, hal ini terasa cukup berat pada saat itu. Saya cari cara lain, yang penting ada iklan di blog 😄.

Ternyata situs yang sejenis Adsense juga banyak. Konsepnya sama, pasang iklan mereka di blog/website kita, kita dibayar. Memang untuk diterima lebih mudah dari Google Adsense, tapi iklan yang ditampilkan bernilai kecil dan biasanya iklan jarang muncul. Dari pengalaman itu saya mulai berfikir kalau memang Google Adsense lah yang terbaik untuk menghasilkan uang dari blog.

Bagaimana blog saya polmaroy.com bisa diterima Google Adsense?

Jadi pada tahun 2009 adalah awal dari cerita saya di atas. Di tahun itu pertama kalinya saya memiliki blog. Saat itu saya belum memakai domain TLD, jadi blog awal saya masih polmaroy.blogspot.com. Saya menggunakan CSM blogspot.

Untuk menggunakan domain polmaroy.com, saya harus menyewa domain tersebut. Biaya sewanya per tahun, sekitar 100 - 200 ribu rupiah. Bisa cek di google, banyak tempat untuk membeli domain.

Sebelumnya saya sudah membeli domain polmaroy.com pada tahun 2016. Pada saat itu sudah cukup tahu banyak tentang Google Adsense, tapi berulang kali ditolak, yang membuat saya jadi malas untuk menulis. Yang pada akhirnya domain polmaroy.com dilepas, alamat blog kembali menjadi polmaroy.blogspot.com.

Selang beberapa tahun berlalu, muncullah pembicaraan yang ramai di media sosial tentang orang-orang yang menghasilkan uang melalui Youtube. Karena sudah bukan hal yang baru, bisnis internet kembali membuat saya penasaran. Tepatnya pada juli 2022 saya kembali membeli domain polmaroy.com. Beruntungnya di rentan waktu selama itu, tidak ada yang membeli.

Dari situ saya mulai mencoba kembali membangun blog. Menghapus artikel yang menurut saya kurang menarik, mengganti template yang direkomendasikan, sampai bergabung dengan beberapa grup whatsApp blogger dan Google Adsense. Hasilnya, saya memiliki beberapa artikel sampai saat ini.

Di pengajuan pertama saya ditolak. Wajar, tulisan memang hanya sedikit dan kurang menarik. Tetapi karena banyaknya blogger yang share cerita blog mereka yang diterima Google Adsense di grup WhatsApp, saya jadi semakin penasaran 😁, saya update postingan, saya ajukan lagi.

Setelah berulang kali mengajukan dan ditolak, akhirnya pada 22 Februari 2023 blog saya polmaroy.com diterima. Butuh beberapa bulan dan beberapa kali penolakan.

Saya masih ingat saat diterima jumlah postingan blog adalah 18 artikel.

Tidak menyangka juga diterima. Karena untuk ukuran jumlah kata dan bobot artikel tidak seperti yang diharapkan. Mungkin Google Adsense melihat dari sisi yang berbeda 😁.

Untuk pengalaman pertama blog diterima Google Adsense benar-benar menyenangkan, ada rasa kebanggaan, karena memang tidak mudah. Semua hanya bermodal rasa ingin tahu yang besar yang membawa ke arah penerimaan. Yang pada akhirnya memotivasi untuk terus menulis.

Sedikit tips yang mungkin bisa dilakukan agar mudah diterima Adsense:

  • Gunakan template yang minimalis dan responsive. Banyak di internet, gratis dan berbayar. Saya rekomendasikan yang berbayar untuk tampilan yang lebih maksimal.
  • Buat artikel yang benar-benar unik. Usahakan sesuatu yang memberi informasi yang belum banyak orang bicarakan. Tentunya dengan informasi yang jelas.
  • Gunakan foto pribadi. Usahakan jangan mengambil foto dari internet. Gunakan foto pribadi yang berhubungan dengan tulisan.
  • Semua artikel yang telah dibuat harus sudah didaftar di Google Console. Penting untuk semua artikel telah terindeks di google.
  • Saat pengajuan, usahakan blog telah memiliki setidaknya 20 artikel. Semakin banyak kata di setiap artikel, semakin besar kemungkinan untuk diterima.

Itulah sedikit cerita tentang blog pertama saya yang diterima Adsense. Semoga menjadi cerita menarik dan dapat memotivasi untuk terus berkarya, berbagi hal yang bermanfaat. Semangat Terus!

Post a Comment