Tips Agar Panggilan Telepon tidak Putus-Putus

Tips Agar Panggilan Telepon Tidak Putus-Putus

Semakin banyaknya ponsel yang beredar di pasaran semakin membuat kita lebih mudah memilih sesuai dengan kebutuhan. Setiap merk dengan tipe dan harga yang berbeda-beda memiliki fitur yang diunggulkan. 

Secara pengalaman harga tidak menjadi patokan kualitas dari fitur yang kita harapkan. Seperti halnya Ponsel dengan harga yang mahal sekali pun tidak menjamin kualitas jaringan ponsel tersebut. Terbukti sangat panggilan telepon, masih ada saja kasus panggilan tidak stabil, suara pemanggil atau penerima terkadang hilang, padahal panggilan masih sedang berlangsung.

Terlepas dari kualitas jaringan yang ada di sekitar kita saat melakukan panggilan, kualitas jaringan ponsel juga merupakan faktor utama mengapa panggilan telepon bisa terputus-putus.

Panggilan yang tidak stabil bisa terjadi karena beberapa faktor. Yang paling umum adalah faktor sinyal yang berubah-ubah pada Ponsel. Kasus ini banyak terjadi di Ponsel pintar atau Smartphone.

Ponsel pintar yang umum digunakan saat ini sudah pasti menggunakan jenis jaringan yang berbeda. Karena menggunakan fitur yang memerlukan internet, maka jaringan Smartphone sudah pasti memiliki minimal jaringan 3G. Karena data hanya bisa ditransfer di jaringan 3G, 4G, 5G.

Jadi apa yang membuat panggilan telepon tidak stabil pada sebuah Smartphone? perpindahan jaringan yang berubah-ubah saat ponsel beroperasi.

Saat beroperasi, bila Anda hanya menggunakan satu kartu sim, ponsel akan melakukan pergantian jaringan secara berubah-ubah. Hal ini dilakukan Ponsel agar fitur Ponsel dapat berjalan normal, baik itu panggilan suara atau pun panggilan data (internet). Perubahan jaringan yang terjadi berulang-ulang menyebabkan tidak stabilnya penggunaan jaringan yang digunakan. Itulah sebabnya saat panggilan berlangsung suara terganggu atau hilang. Karena Ponsel tidak bisa tetap berada di jaringan 2G (jaringan telepon dan sms).

Masalah ini dapat diatasi dengan 2 cara:

Menggunakan 2 Kartu SIM (Sim Card)

Hampir semua Smartphone saat ini memiliki 2 slot kartu sim. Dengan adanya 2 slot kita dapat menggunakan 2 kartu sim yang berbeda fungsi. Satu kartu digunakan untuk panggilan suara, satu kartu lagi untuk panggilan data atau internet. Untuk memastikan kartu sim untuk panggilan suara tidak bakal berubah-ubah dapat mengecek pengaturan kartu sim; untuk sim 1 atau sim 2 adalah 2G atau 2G Only, sedangkan kartu lainnya LTE Only. Dengan begitu kartu sim untuk panggilan suara hanya akan berada pada jaringan 2G (terkunci pada jaringan 2G), kartu lainnya khusus untuk internet.

Menggunakan 2 Ponsel

Untuk pilihan kedua ini mungkin sedikit lebih mahal 😃, karena Anda harus memiliki satu lagi ponsel yang akan digunakan khusus untuk panggilan suara. Karena Anda hanya membutuhkan Ponsel yang digunakan untuk panggilan suara, ada baiknya membeli Ponsel yang memang hanya bisa digunakan untuk panggilan suara (hanya memiliki jaringan 2G), bukan Smartphone.

Sebagai pengguna Ponsel yang butuh informasi yang cepat dan tidak terganggu panggilan yang terputus-putus, Anda dapat mencoba dua cara di atas, tinggal pilih mana yang lebih baik, menggunakan satu Ponsel dengan 2 kartu sim atau menggunakan dua Ponsel yang berbeda. semoga bermanfaat.

Posting Komentar