Efektif, Hindari Hal ini untuk Tidur yang Lebih Baik dan Efisien

Efektif, Hindari Hal ini untuk Tidur yang Lebih Baik dan Efisien

Tahukah Anda bahwa tidur yang memberi efek tubuh terasa segar tidak harus dilakukan selama berjam-jam? Banyak faktor yang mempengaruhi. Bisa karena kondisi tubuh yang memang baik, bisa karena tubuh memang tidak terlalu lelah. Tapi kenyataannya ada banyak kasus yang didapat dari waktu tidur yang kurang dari yang diharapkan tetap membuat tubuh terasa lelah.

Terbangun tanpa sadar adalah masalah yang sering didapati saat tidur, membuat Anda harus mencoba tidur kembali. Apakah ini yang menjadi masalah utama?

Tidak tenang saat mencoba untuk tidur juga membuat sulit terlelap. Kondisi ini adalah saat dimana Anda mendapati diri Anda merasa masih merasakan suasana sekitar saat telah terbaring dan memejamkan mata. Ini sama saja halnya dengan Anda sedang terbaring sambil melamun. Bukan kondisi yang baik.

Tips Tidur yang Lebih Baik dan Efisien

Untuk mendapatkan tidur yang baik Anda bisa mencoba menghindari beberapa hal ini.

1. Gigitan Nyamuk atau Serangga

Sering kali kita terbangun karena gigitan nyamuk. Saat sudah terlelap, terbangun tanpa tersadar karena gatal yang diberikan oleh gigitan nyamuk. Terbangun tanpa sadar adalah hal sangat merusak kualitas tidur. Karena tidur lebih panjang sekali pun tidak akan efisien bila tidur-bangun terjadi secara berulang-ulang, tetap saja akan membuat ngantuk.

Untuk menghindari hal ini Anda dapat memastikan ruangan tidur terbebas dari nyamuk atau serangga. Sebelum tidur Anda dapat membersihkan area tempat tidur, bila perlu menggunakan anti nyamuk. Tentunya yang sesuai dengan anjuran kesehatan.

2. Suara Kejut

Suara yang tiba-tiba dapat membuat Anda terbangun seketika. Walaupun mungkin Anda hanya terbangun, belum tersadar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terbangun tanpa tersadar adalah hal yang sangat merusak kualitas tidur. Cobalah untuk memastikan tidak mendengar suara kejutan yang bisa membuat Anda terbangun.

Suara kejutan bisa dihasilkan oleh benda yang tak sengaja terjatuh, orang yang mengejutkan, ponsel yang berdering. Sebelum tidur, Anda bisa memastikan area tempat tidur sudah aman dari kemungkinan benda-benda yang akan membuat suara kejut. Anda juga bisa memastikan pintu kamar dikunci agar tidak ada yang datang mengganggu. Pastikan juga ponsel tidak aktif selama tidur.

3. Tubuh yang Kotor

Setelah seharian beraktivitas, kondisi tubuh pasti akan tidak sebersih sebelumnya. Hal ini dapat memicu bau badan, gatal, dan risih karena gerah. Anda mungkin saja bisa langsung tertidur saat berbaring di tempat tidur tanpa mandi terlebih dahulu, tapi apakah Anda pernah menyadari terbangun karena hal ini?.

Cobalah untuk membersihkan tubuh sebelum tidur. Bila sudah terlalu malam dan Anda menganggap mandi malam itu tidak baik, setidaknya cobalah untuk mencuci muka, tangan, kaki, dan menganti pakaian. Pakai pengharum ruangan agar bau badan tidak menggangu pernafasan.

Kesimpulan

Dari ketiga hal di atas, dapat disimpulkan bahwa memastikan Anda tidak terbangun berulang kali adalah solusi terbaik untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Memastikan Anda tidur tanpa ada terbangun berulang kali adalah kuncinya. Meski waktu tidur tidak selama waktu tidur yang diharapkan, rasa ngantuk tidak akan berkelanjutan. Semoga membantu, sehat selalu.

Post a Comment