MCB Meteran Turun Terus Meski Sudah Diganti? ini Solusinya

MCB Meteran Turun Terus Meski Sudah Diganti? ini Solusinya

MCB adalah singkatan dari Mini Circuit Breaker. Alat ini berfungsi sebagai pengaman dari arus lebih, bisa juga sebagai pemutus hubung singkat. Bila di meteran rumah, fungsinya adalah sebagai batasan daya yang digunakan. Semakin besar daya yang dipakai, maka harus semakin besar pula nilai MCB yang digunakan. PLN menggunakan nilai tertentu untuk batasan penggunaan daya, tidak semua rumah memiliki besar nilai MCB yang sama.

Cara melihat posisi MCB meteran listrik ON (hidup) atau OFF (mati) adalah dengan melihat arah huruf pada nameplate MCB. Posisi ON biasanya arahnya sejajar dengan huruf. Bisa juga dengan merasakan bagian tuas yang didorong lebih keras. Posisi On akan terasa lebih keras bila dibandingkan dengan posisi OFF.

Prinsip kerja dari MCB adalah seperti sakelar, memutus listrik saat dimatikan dan menghubungkan listrik saat dihidupkan. Yang membedakannya dengan sakelar adalah bimetal pada MCB. Bimetal ini berfungsi sebagai pemutus otomatis. Jadi saat daya yang digunakan besar, bimetal akan memanas dan berubah bentuk. Bila sudah melewati panas yang bisa diterima, bimetal akan memberi hentakan pada MCB ke arah OFF. Itulah sebabnya kadang kita butuh beberapa detik untuk bisa menghidupkan kembali MCB, menunggu bimetal dingin (kembali ke posisi awal).

Bila sudah bisa dihidupkan kembali, biasanya kita akan mengurangi penggunaan daya dengan tidak menghidupkan peralatan listrik lain. Karena kita sudah tahu berapa daya yang kita miliki di meteran, MCB akan tetap turun terus bila beberapa peralatan listrik tidak dimatikan. Tapi bagaimana kalau tetap turun setelah beberapa menit atau bahkan MCB meteran listrik tidak bisa naik? Padahal yang hidup hanya peralatan listrik kecil, seperti: lampu, charger, atau televisi. Mari kita analisa penyebabnya.

MCB Meteran Sering Turun: Analisa dan Solusi

Masalah yang sering terjadi di rumah adalah turunnya MCB meteran secara tiba-tiba. MCB meteran turun ini lumrah jika memang daya yang digunakan lebih besar. Lain cerita kalau masalahnya MCB meteran sering turun berkali-kali. Kadang kasus seperti ini terjadi juga pada MCB dalam yang turun. Penyebab MCB dalam turun biasanya karena ukurannya lebih kecil dari MCB meteran.

Untuk mempermudah menemukan masalah, pertama Anda bisa memastikan terlebih dahulu listrik mati memang karena MCB tidak mau naik. Lain kasus kalau MCB tidak turun tapi listrik mati. Bila sudah bisa dipastikan listrik mati disebabkan karena MCB tidak mau on, Anda bisa memulai dengan mengikuti urutan yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Daya Listrik yang Digunakan Lebih Besar dari Daya MCB

Meskipun kita sudah tahu bahwa daya alat listrik yang kita gunakan sudah lebih kecil dari besarnya nilai MCB, tidak ada salahnya mencoba menghitung semua nilai alat listrik yang menyala saat MCB turun. Karena beberapa peralatan listrik bisa saja memiliki watt yang besar meski fungsinya terlihat seperti tidak memerlukan daya yang besar. Bila setelah dicek hasil perhitungan memang kecil dan MCB masih turun, lanjut ke analisis berikutnya.

Sebelum melanjutkan, coba cek dulu, mungkin adanya korsleting, short, kontak, atau bahasa umum lain yang sering dikatakan tentang kabel fasa netral yang terhubung singkat. Hal ini memang sudah pasti membuat MCB turun, karena MCB akan langsung merespon untuk memutus (fungsinya yang sebagai pengaman). Sering terjadi pada fitting lampu yang tidak sesuai posisi kontaknya, stop kontak yang tidak sesuai posisi kontaknya, atau kabel yang memang terluka/tekelupas terhubung secara langsung dengan netral. Sebenarnya, hal ini tidak perlu dijadikan salah satu yang mungkin jadi penyebab, karena MCB pasti akan turun langsung bila kasusnya seperti ini.

MCB Sudah Lemah

Dari judul artikel, memang telah dijelaskan bahwa MCB terus turun meski sudah diganti dengan yang lebih besar. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan MCB yang berbeda. Anda bisa mencoba dua MCB yang lebih besar dengan jenis berbeda dan nilai yang sama. Jika tetap turun, artinya bukan MCB yang menjadi penyebabnya. Karena ada beberapa kasus, walaupun daya yang digunakan kecil, MCB tetap turun karena kondisinya yang sudah lemah.

MCB yang lemah mungkin tidak bisa dilihat secara langsung melalui visual. Anda bisa mencoba merasakan tuas MCB, bila terasa tidak ada tekanan saat diarahkan ke posisi hidup, bisa jadi memang kondisinya yang sudah lemah, faktor umur juga berpengaruh.

Adanya Kontak Kabel dengan Bumi

Ini adalah hal yang paling mungkin terjadi. Karena bila sudah mematikan semua alat listrik dan mengganti MCB yang lebih besar, tapi tetap saja MCB turun, artinya ada pemicu lain yang menyebabkan MCB mendeteksi daya lebih. Seperti yang saya jelaskan di awal, bimetal akan berubah bentuk karena panas berlebih. Jadi pemicunya adalah adanya daya yang lebih besar dari nilai ambang batas MCB tersebut.

Alat listrik apa yang ada di rumah yang begitu besar sampai MCB yang paling besar pun tidak mampu menahannya? Itu bukan karena alat listrik, tapi karena kebocoran listrik ke bumi/tanah.

Saat kabel fasa atau netral menyentuh sisi dari pada bumi: bisa dinding, tiang lampu, kabel yang terkelupas (menyentuh tanah), dan bentuk kasus lainnya yang berhubungan dengan kabel yang terhubung ke bumi adalah penyebab MCB pada meteran turun terus. Bagaimana bisa?

Ini terjadi karena bumi merupakan wadah muatan yang tak terbatas. Jadi bumi dapat menyerap arus yang tak terbatas sehingga daya yang dipakai juga nyaris tak terbatas. Hal ini menyebabkan MCB sebesar apapun akan merasakan beban yang terus menerus naik, menyebabkan bimetal memanas dan memutus hubungan listrik. Itulah sebabnya masih ada jeda waktu untuk MCB turun, karena MCB memang mendeteksinya sebagai beban lebih, bukan hubung singkat.

Catatan: Apabila terjadi kerusakan pada MCB meteran, sebaiknya hubungi pihak yang berwenang, seperti PLN. Meski nilai MCB yang diganti tetap sama, sebaiknya menggunakan yang berlisensi, agar tidak merugikan pihak tertentu. Penggantian MCB yang bisa Anda lakukan hanya pada MCB dalam rumah.

Kesimpulan

Turunnya MCB meteran listrik secara berulang disebabkan oleh kebocoran listrik ke bumi, terjadi penggunaan daya dalam jumlah besar (tak terhingga). Kondisi ini menyebabkan MCB berpindah ke posisi OFF karena daya yang digunakan melebihi nilai nominal MCB. Meskipun kebocoran menjadi penyebab utama, sebaiknya dilakukan analisa langkah demi langkah untuk memastikan tidak ada masalah lain yang memicu turunnya MCB. Mengidentifikasi kebocoran ke bumi memerlukan waktu dan upaya ekstra. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar