Wisata Pantai Base-G di Kota Jayapura Papua

Pantai Base-G Jayapura Papua

Pantai Base-G, sebuah persembahan alam yang mempesona, menarik perhatian dengan keindahan alamnya yang eksotis di Kota Jayapura, Papua. Pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan panorama kota yang memikat menjadikan Pantai Base-G sebagai destinasi yang menarik minat banyak orang.

Suasana tenang dan pemandangan yang memesona membuat keinginan untuk mengunjungi Pantai Base-G semakin besar bagi para pelancong yang ingin merasakan sensasi berjalan di sepanjang pantai yang panjang.

Untuk Anda yang terpikat oleh pesona Pantai Base-G, langkah selanjutnya adalah merencanakan perjalanan Anda ke tempat ini dan menikmati keindahan alam serta ketenangan yang ditawarkannya.

Pantai Base-G Jayapura Papua

Pantai Base-G Jayapura Papua

Nama Base-G berasal dari fungsi awal pantai ini, yaitu sebagai homebase pasukan sekutu yang pada saat itu bernama Base-G Camp. Base-G dijadikan tempat pengumpulan pasukan sekutu sebelum berperang dengan pasukan Jepang di Filipina.

Base-G menjadi nama pantai tersebut sampai saat ini. Karena cerita tersebut, maka masyarakat sekitar lebih mengenal kawasan ini sebagai pantai Base-G daripada nama aslinya sendiri, yaitu pantai Tanjung Ria.

Lokasi dan Akses

Lokasi Pantai Base-G berada di Tanjung Ria, Kota Jayapura, Papua. Apabila Anda mengambil patokan Bandara Sentani, waktu tempuh darat sekitar 1,5 jam ke pantai ini.

Pantai Base-G dapat dikunjungi dengan mudah menggunakan semua jenis kendaraan. Baiknya, jalan menuju pantai sudah sangat layak, kondisi jalan sudah beraspal.

Posisi Kota Jayapura yang memang berada tepat di pinggir pantai membuatnya memiliki akses yang mudah ke semua area pantai. Jadi bagi Anda datang dari luar kota, tak perlu ragu untuk bertanya saat sudah berada di Kota Jayapura, Anda akan mudah menemukannya.

Daya Tarik Utama

Daya tarik Pantai Base-G adalah pantai biru yang memiliki pemandangan yang asri. Di sekitar pantai Anda bisa melihat bukit yang dipenuhi rimbunnya pepohonan hijau.

Meski berada di dekat kota, pepohonan di sekitar pantai masih terjaga kelestariannya. Aktivitas juga terasa ramai di dekat pantai. Posisi pantai yang berada di kota membuat aktivitas tak pernah sepi.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Di Pantai Base-G Anda dapat melakukan banyak aktivitas. Seperti berenang, snorkling, menaiki boat, memancing, karaoke, tidur, dan lain sebagainya.

Khusus untuk berenang, Anda tidak perlu ragu, karena terdapat bagian pantai yang tenang dan datar. Jadi bisa berenang dengan tenang seperti di kolam.

Tetapi untuk karaoke, Anda harus bawah alat sendiri, di Pantai Base-G tidak tersedia fasilitas karaoke.

Fasilitas yang Tersedia

Pantai Base-G memiliki fasilitas berupa:
  • Area Parkir
  • Pondok
  • Toilet
Untuk penginapan Anda tidak perlu ragu. Karena berada di pusat Kota Jayapura, Anda bisa mendapatkan penginapan dengan mudah.

Biaya Masuk dan Jam Buka

Biaya masuk ke Pantai Base G adalah sebagai berikut:
  • Biaya masuk Rp. 5000/orang.
  • Biaya Sewa pondok Rp. 200.000/pondok.
  • Biaya parkir sudah termasuk dengan biaya sewa pondok.
Jam buka Pantai Base-G adalah pukul 07.00 WIT sampai dengan pukul 18.00 WIT.

Cerita Perjalanan ke Pantai Base-G Jayapura Papua

Saya berkunjung ke Pantai Base-G pertama kali pada bulan Maret 2018. Banyak kenangan indah di pantai ini. Pertama kali melihat cukup takjub karena lebih indah dari yang terlihat di foto.

Walaupun masih berada di wilayah kota, pantai ini memberikan keindahan alam yang berbeda dibandingkan pantai-pantai lain di Jayapura.

Pantai Base-G Jayapura Papua

Salah satu keunggulan dari Pantai Base-G dibandingkan dengan pantai lain di sekitarnya adalah pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Gulungan ombak yang besar menambah indahnya suasana pantai.

Jadi Anda harus tetap hati-hati saat akan berenang. Tapi tenang saja, ada beberapa tempat yang aman untuk berenang. Dasar laut di pinggir pantai yang rata dan ombak yang lebih kecil memungkinkan untuk siapa pun bisa berenang.

Pantai Base-G Jayapura Papua

Untuk menambah koleksi foto, view di Pantai Base-G tidak perlu diragukan, ada banyak foto dan video yang akan anda bawa pulang. Keindahan pantai dengan pasir putih dan pepohonan kelapa yang berdiri rapi di sepanjang bibir pantai membuat tampilan yang indah untuk diabadikan. Jadi jangan sampai lupa bawa kamera ya.

Jika Anda ingin merasakan keindahan dan kedamaian pantai ini, maka Anda bisa datang pada saat pagi hari. Karena pada saat waktu tersebut pantai ini masih sepi dari pengunjung. Anda bisa beristirahat sambil menikmati suara ombak dan angin pantai yang terus menemani sepanjang hari.

Pantai Base-G Jayapura Papua

Anda tidak akan bosan berlama-lama di pantai ini, walau hanya untuk sekedar beristirat. 

Tips Berkunjung ke Pantai Base-G

Untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke Pantai Base-G Jayapura Papua, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:
  • Bawa pelindung matahari seperti topi dan sunglasses. Pastikan membawa baju renang dan baju ganti jika Anda berencana untuk berenang. 
  • Untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana yang tenang, datanglah ke Pantai Base-G saat pagi hari.
  • Tidak semua area pantai cocok untuk berenang. Pastikan Anda mencari tahu spot yang aman dan dangkal, terutama jika membawa anak-anak.
  • Selain bersantai di pantai, Anda bisa juga berjalan-jalan di sekitar pantai untuk menikmati pemandangan alam Papua yang indah.
  • Buang sampah pada tempatnya dan jangan mengotori pantai.

Penutup

Pantai Base-G Jayapura Papua adalah sebuah surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang tiada tara. Dengan pasir putihnya yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan kota yang memukau, pantai ini memikat hati setiap pengunjung.

Untuk merasakan sensasi kedamaian dan keindahan alamnya, kunjungan ke Pantai Base-G adalah pilihan yang tepat. Dengan beragam aktivitas yang dapat dilakukan dan fasilitas yang disediakan, pengalaman di Pantai Base-G akan menjadi momen tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan perjalanan Anda ke Pantai Base-G Jayapura Papua dan nikmati pesona alam yang memukau di sana.

Post a Comment