Cara Memperbaiki Gerinda yang Mati Total

Cara Memperbaiki Gurinda yang Mati Total

Gerinda adalah alat yang sangat berguna dalam berbagai proyek dan pekerjaan berat lainya, seperti menghaluskan atau memotong sebuah benda. Namun, tidak jarang gerinda mengalami masalah, salah satunya adalah mati total. Meskipun terlihat rusak berat, Anda sebenarnya dapat mencoba beberapa langkah perbaikan sendiri sebelum memutuskan untuk menggantinya. Karena masalah mati total adalah hal lumrah yang sering terjadi di gerinda yang telah lama digunakan. Dalam artikel ini, saya akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memperbaiki gerinda yang mati total.

Cara Memperbaiki Gerinda yang Mati Total

1. Periksa Kabel dan Sumber Daya Listrik

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa gerinda yang Anda miliki terhubung dengan listrik yang stabil dan kabelnya dalam kondisi baik. Pastikan kabel tidak rusak atau terpotong. Juga, pastikan bahwa stop kontak yang Anda gunakan berfungsi dengan baik. Cobalah menggunakan stop kontak yang berbeda atau periksa sakelar daya jika gerinda Anda memiliki sakelar sendiri.

2. Ganti Sikat Karbon

Sikat karbon adalah komponen penting dalam gerinda yang dapat mengalami aus atau patah. Jika sikat karbon aus, gerinda mungkin tidak akan berfungsi. Matikan gerinda dan buka bagian yang melindungi sikat karbon (biasanya ada di sisi gerinda). Ganti sikat karbon yang aus dengan yang baru dan pastikan sudah terpasang dengan benar. Anda dapat membelinya di toko listrik. Ini merupakan hal yang paling sering terjadi pada gerinda yang sudah lama digunakan.

3. Periksa Kabel Pemutus Arus

Jika gerinda Anda masih tidak berfungsi setelah mengganti sikat karbon, periksa komponen pelindung panas berlebih atau kabel pemutus arus. Komponen ini adalah komponen yang melindungi gerinda dari overheating. Jika terputus atau rusak, gerinda akan mati total. Fungsinya seperti sekering. Buka gerinda dan periksa komponennya. Jika terlihat terbakar atau rusak, gantilah dengan yang baru.

4. Periksa Switch On/Off

Switch On/Off adalah komponen lain yang dapat mengalami masalah. Periksa sakelar gerinda dan pastikan itu berfungsi dengan baik. Jika sakelar terlihat rusak atau tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru. Untuk memastikan sakelar terhubung atau tidak Anda bisa menggunakan multitester.

5. Periksa Motor Listrik

Terakhir, jika gerinda masih tidak berfungsi, mungkin ada masalah dengan motor listriknya. Ini adalah langkah yang lebih rumit dan mungkin memerlukan pengetahuan mekanik yang lebih mendalam. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya serahkan perbaikan ini kepada ahli servis. Tanda yang paling mudah terlihat adalah kumparan motor listrik menjadi hitam atau terbakar. Hal ini jelas membuat gerinda tidak dapat berputar karena kumparan motor listriknya telah rusak.

Kesimpulan

Memperbaiki gerinda yang mati total mungkin bisa menjadi pekerjaan yang rumit, tergantung pada masalahnya. Namun, dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri sebelum mengeluarkan uang untuk membeli gerinda baru atau membayar biaya servis. Selalu pastikan untuk mengikuti petunjuk keamanan saat bekerja dengan alat-alat listrik dan, jika perlu, mintalah bantuan dari ahli servis jika Anda tidak yakin tentang perbaikan yang diperlukan. Selamat mencoba.

Posting Komentar