Stadion Mandala & Persipura Jayapura Papua

Stadion Mandala Jayapura

Bagi para pencinta sepak bola Indonesia, pasti sudah mengetahui salah satu klub terbaik Indonesia, yaitu Persipura Jayapura. Klub yang menjadi kebanggaan masyarakat Papua, terutama di Kota Jayapura, ini memiliki prestasi yang sangat membanggakan. Ada banyak hal menarik yang dimiliki oleh klub ini, termasuk nama besar klub dan stadionnya.

Stadion Mandala Jayapura

Nama Stadion Persipura Jayapura adalah Stadion Mandala Jayapura. Terletak di pusat Kota Jayapura, tepatnya di Mandala, Kec. Jayapura Utara, Jayapura, Indonesia. Stadion ini dibangun pada tahun 1982 dan telah mengalami beberapa kali renovasi, hingga akhirnya memenuhi standar B+ AFC pada tahun 2005. Pada masa kolonial Belanda, stadion ini dikenal sebagai Lapangan Sepak Bola Dok V.

Stadion ini pernah menjadi salah satu tempat penyelenggaraan laga internasional AFC Champions League pada musim 2014/2015, menunjukkan bahwa stadion ini tidak hanya digunakan untuk kompetisi domestik. Selain itu, stadion ini juga sering digunakan untuk event besar, seperti yang terbaru pergelaran PON 2021 di Papua, di mana Stadion Mandala menjadi tempat perlombaan beberapa cabang olahraga.

Stadion ini telah menjadi saksi bisu selama puluhan tahun atas prestasi gemilang Persipura Jayapura di liga Indonesia. Salah satu momen yang tidak terlupakan adalah saat Boaz Solossa, kapten Indonesia, menjadi top skor dan membawa Persipura Jayapura meraih gelar juara liga pada saat itu.

Tahun-tahun terbaik Persipura Jayapura di Liga 1 Indonesia adalah antara tahun 2005 dan 2008 hingga 2013, di mana mereka berhasil meraih gelar juara sebanyak 4 kali dan Boaz Solossa menjadi pemain terbaik secara berturut-turut. Hampir semua pertandingan kadang dimenangkan oleh Persipura Jayapura.

Berkunjung ke Stadion Mandala Jayapura

Kesempatan untuk melihat langsung ke dalam stadion adalah hal yang sudah lama dinantikan. Bagaimana tidak, sebelum tinggal di Jayapura, Papua, saya hanya bisa melihat Persipura bertanding melalui layar kaca. Penampakan stadion yang hanya bisa dilihat sebagian di televisi akhirnya bisa saya lihat langsung saat masuk ke dalam stadion.

Di dalam stadion terdapat lampu besar di dua sisi dan big screen di bagian selatan tribun. Jarak lapangan ke tribun tidak terlalu jauh, jarak pandang cukup nyaman meski duduk di posisi paling atas. Bangku penonton di setiap bagian tribun belum sepenuhnya fiber, ada yang masih beton. Di lapangan terdapat rumput yang terlihat begitu baik, hal ini mungkin sudah menjadi standar sejak Stadion Mandala mendapat lisensi B+ dari AFC. Kondisi udara di dalam stadion cukup baik, hal ini mungkin karena stadion berada di dekat pantai menyebabkan adanya sirkulasi yang baik, beberapa pohon besar juga terdapat di luar stadion. Selain itu, Stadion Mandala juga dilengkapi dengan ruang ball boy, ruang pijat, dan ruang internet berkecepatan tinggi untuk keperluan para pers.

Stadion Mandala Jayapura

Saya memang belum pernah menyaksikan langsung Persipura bertanding di stadion ini, namun kesempatan untuk melihat langsung isi stadion adalah hal yang menyenangkan. Bisa saya bayangkan serunya menonton langsung Boaz Solossa dkk pada saat Persipura menjuarai Liga Indonesia. Riuh penonton di tiap gol adalah hal yang seru. Mayoritas gol Persipura adalah sumbangan dari kaki sang kapten, Boaz.

Stadion Mandala yang mudah diakses membuat saya tidak kesulitan untuk mengunjunginya. Menggunakan kendaraan apapun, Anda bisa berkunjung ke tempat ini bila telah sampai di Bandara Sentani. Jadi bagi Anda yang hendak berkunjung ke Jayapura, Papua, bisa singgah di stadion ini untuk sekedar melihat langsung dan mengabadikan foto-foto yang keren di dalam Stadion.

Posting Komentar