Wisata Danau Love Papua

Wisata Danau Love Papua

Papua, salah satu pulau terbesar di Indonesia yang berada di bagian timur Indonesia, memiliki keindahan alam yang tak perlu diragukan lagi. Tempat wisata yang beraneka ragam membuat pulau ini begitu layak untuk dikunjungi, surga kecil yang jatuh ke bumi. Cerita saya kali ini berada di Kabupaten Sentani, Papua. Buat yang belum tahu Sentani berada di mana, Sentani berada sekitar 20 km dari Kota Jayapura, Papua.

Memiliki beberapa objek wisata alam yang indah, Sentani merupakan kabupaten yang seru untuk dijadikan pilihan tempat berwisata, baik domestik ataupun mancanegara. Karena waktu untuk berkunjung ke kabupaten ini bisa dilakukan setiap hari, bahkan yang datang dari luar Provinsi, bandara ada di Kabupaten ini. Danau, air terjun, bukit-bukit, hingga wisata kuliner ada di kabupaten ini. Salah satu tempat yang mencuri perhatian di Kabupaten Sentani adalah Danau Love.

Danau Love

Danau Love atau kadang disebut Telaga Cinta merupakan danau kecil yang berbentuk hati yang memiliki nama asli Danau Imfote. Luas area danau adalah sekitar 9.630 hektar, dengen kedalaman danau maksimal 75 M. Bentuk danau yang unik dan air yang jernih memberi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Keunikannya membuat banyak orang yang berkunjung ke tempat ini meski hanya untuk sekedar mengabadikan sebuah foto.

Mengapa disebut danau love? ternyata karena bentuknya yang memang terlihat seperti love 💙. Walaupun bila dilihat dari atas tidak sepenuhnya berbentuk love 😃. Tetapi bila dilihat dari sisi yang tepat, danau ini memang memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bentuk love. Akan sangat menyenangkan berkunjung dengan orang yang terkasih, suasana romantis begitu terasa di danau ini.

Danau Love di kabupaten Sentani merupakan danau kecil yang berada di Pinggiran Danau Sentani. Buat yang belum tahu, Danau Sentani merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Papua, Bandara Sentani juga berada di dekat danau ini. Bila Anda lihat di peta, Danau Love hanya berjarak beberapa kilo meter dari pinggiran Danau Sentani. Jadi bila hendak pergi ke Danau Love, Anda akan melewati beberapa bagian dari Danau Sentani.

Cerita Perjalan ke Danau Love

Seperti kebanyakan orang, saya juga termasuk orang yang penasaran akan tempat yang baru saja saya kunjungi. Mendapat informasi tentang Danau Love, saya langsung membuat agenda untuk melakukan perjalan ke sana.

Selama perjalanan Anda akan melewati banyak bukit-bukit dan beberapa rumah masyarakat setempat yang posisinya cukup berjauhan. Jadi selain sunyi, Anda juga akan melihat keindahan alam yang alami dan layak diabadikan. Anda bisa berhenti beberapa kali selama perjalanan di beberapa lokasi, Anda bisa mengabadikan moment tersebut untuk menambah serunya cerita perjalanan ke Danau Love.

Wisata Danau Love Papua

Perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 2 jam terobati saat sampai dan melihat langsung uniknya Danau Love. Seperti cerita di awal, Anda harus berada di posisi yang pas untuk mendapatkan bentuk danau seperti love. Rumput hijau dan air danau yang jernih menambah daya tarik dari danau berbentuk love ini.

Berada di antara perbukitan yang hijau dan jauh dari keramaian membuat suasana di tempat ini benar-benar damai. Di sekeliling danau terdapat hamparan bukit-bukit dengan rumput ilalang yang menambah daya tarik sebagai wisata alam alami. Sayangnya tidak ada pohon besar yang tumbuh di sekitar danau, jadi pada saat panas terik, terasa cukup panas.

Wisata Danau Love Papua

Anda bisa mengabadikan indahnya danau alami ini dengan landscape bukit yang hijau menggunakan kamera ponsel Anda. Akan menjadi foto yang menarik untuk dibagikan, foto danau yang telihat seperti bentuk love.

Banyak orang yang berkunjung ke tempat ini menjadikannya sebagai cerita unik untuk dibagikan, bahkan bagi mereka yang sedang mencari lokasi untuk foto prewedding, Danau Love adalah spot foto terbaik.

Wisata Danau Love Papua

Fasilitas dan Aktivitas di Danau Love

Mayoritas orang yang berkunjung hanya berfokus pada danau, seperti berfoto atau berkeliling area danau, tidak ada aktivitas lain yang terlihat. Karena aktivitas seperti memancing atau berenang tidak layak bila dilihat kondisi keamanan.

Saat berkunjung ke sana tidak ada yang menjual apa pun, jadi kalau bisa sediakan makanan dan minuman. Mungkin hal ini tidak berlaku setiap hari, tapi tidak ada salahnya melakukan persiapan yang matang sebelum berkunjung ke sana. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan.

Wisata Danau Love Papua

Selama beraktivitas atau sebelum kembali pulang, Anda bisa istirahat sejenak untuk melepas lelah di pondok yang terdapat di sisi danau. Pondok ini memiliki tempat duduk yang luas, Anda bisa duduk sambil menikmati makanan dan minuman dengan pemandangan danau yang indah.

Tips Perjalanan ke Danau Love

Perjalanan ke Danau Love bisa dilakukan menggunakan kendaraan roda 2 atau pun roda 4. Jalannya cukup bergelombang karena melewati perbukitan, tapi sudah layak untuk dilalui menggunakan kendaraan. Untuk yang belum pernah tinggal atau datang dari luar kota disarankan menggunakan jasa travel atau tour guide apabila hendak berkunjung ke sana, karena memang tempat wisatanya yang belum umum, akses jalan ke sana belum sepenuhnya mudah.

Ada dua rute menuju Danau Love, yaitu melalui Arso dan Yoka. Saya melakukan perjalan ke Danau Love saat itu melalui Yoka. Yoka berada tidak jauh dari jalan raya Sentani - Jayapura. Dari Yoka ini kita bisa melihat indahnya Danau Sentani, karena jalan berada di bukit yang bersebelahan langsung dengan Danau Sentani.

Bila memilih perjalan dari Arso, Anda harus melakukan perjalan ke kabupaten Keerom terlebih dahulu. Buat yang belum pernah ke Kabupaten Keroom, saya lebih merekomendasikan agar melakukan perjalan dari Yoka saja, perjalan dari Arso akan sedikit rumit bagi mereka yang pertama kali berkunjung.

Video Danau Love Papua

Informasi Praktis

  • Biaya masuk 20 ribu untuk sepeda motor dan 50 ribu untuk mobil. Biaya ini bisa saja berubah sesuai kebijakan di setempat.
  • Tidak ada akomodasi di sekitar Danau Love. Anda harus kembali ke Jayapura untuk istirahat di penginapan.
  • Tidak ada ATM di sekitar danau. Siapkan uang yang cukup untuk memastikan tidak kehabisan uang saat di perjalanan.
  • Jalan tidak sepenuhnya beraspal atau berbeton di beberapa bagian jalan. Pastikan kendaraan siap untuk melakukan perjalanan.
  • Jarak antar rumah cukup jauh, sulit untuk mendapatkan tempat berteduh di saat hujan. Pastikan Anda membawa mantel bila menggunakan sepeda motor.
  • Demi keamanan, sebaiknya lakukan perjalanan pulang pergi sebelum hari gelap, maksimal sekitar pukul 17.00 wit. Kondisi jalan yang sunyi di beberapa tempat akan sulit untuk mencari bantuan.

Dengan segala keindahan dan keunikan yang dimiliki, Danau Love di Kabupaten Sentani, Papua adalah destinasi yang patut untuk dikunjungi. Berada di antara perbukitan hijau dan air yang jernih, danau berbentuk love ini tidak hanya memikat mata tapi juga menyuguhkan kedamaian yang mempesona. Meskipun aksesnya mungkin belum begitu mudah, namun pengalaman menakjubkan yang akan Anda dapatkan di sini. Dengan segala persiapan dan tips yang telah disebutkan, semoga perjalanan Anda menuju Danau Love menjadi pengalaman yang berkesan dan membawa pulang banyak kenangan indah. Salam hangat, Papua penuh Cinta 💙

TerlamaLebih baru

2 komentar

  1. Kalau sempat ingin pergi juga. Semoga bisa kesampaian perginya 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga secepatnya ya. terima kasih telah berkunjung

      Hapus