Gaji Pertama Dari Internet

Gaji Pertama Dari Internet

Pertama kalinya saya mendapatkan uang dari internet itu pada awal tahun 2009. Jadi pada saat itu bisnis internet lagi naik-naiknya. Banyak konsep menghasilkan uang yang bisa dikerjakan. Seperti menulis di blog: kita pasang iklan di blog (kita dibayar untuk tiap iklan yang kita pasang), menulis untuk orang lain, klik iklan, promosikan situs orang, review produk dan banyak lagi.

Pada saat itu saya benar-benar belum paham akan bagaimana cara yang harus dilakukan, benar-benar newbie 😃. Bahkan untuk tahu adanya bisnis online masih sesuatu yang tak biasa. Saya habiskan waktu untuk membaca beberapa artikel yang menjelaskan bagaimana cara untuk menghasikan uang di internet. Hasilnya, perlahan mulai mengerti mengapa kita bisa dibayar untuk setiap hal yang kita kerjakan.

Saya memulai dengan yang paling umum dibicarakan di internet "menghasilkan uang dari blog". Kita dibayar dengan konsep blog kita yang menarik akan dipasang iklan oleh pihak ketiga. Seperti menyewa tempat di blog kita untuk promosi produk mereka. Karena blog yang menarik pasti akan banyak pengujung, yang mana akan memberi keuntungan bagi pengiklan karena produknya akan semakin banyak yang tahu. Sayangnya pada saat itu saya belum bisa membuat blog yang menarik, belum paham betul cara menulis. Jadi saya tinggalkan cara tersebut.

Saya dapat cara lain, yaitu kita dibayar untuk setiap iklan yang kita klik. Jadi konsepnya seperti kita melihat iklan di TV. Kita luangkan waktu untuk melihat sesuatu produk, produk perusahaan itu merasa produknya semakin dikenal, dia membayar ke TV, TV memberikan hiburan untuk kita. Jadi TV membayar kita melalui hiburan yang diberikan kepada kita. Kurang lebih seperti itu konsepnya. Tapi tetap saya tinggalkan, karena terlalu menyita waktu, tidak sesuai dengan hasil yang didapat.

Saya dapat cara lain lagi, review. di sinilah gaji pertama saya dari internet.

Jadi konsep review itu adalah kita dibayar untuk setiap hal yang kita komentari. Seperti berkometar pada media sosial, memberi tanggapan atas apa yang kita tahu atau apa yang kita lihat. Nilainya bervarisi, tergantung yang menyediakan produk untuk direview. Bisa $1 sampai puluhan dollar.

Situs review yang membayar saya pertama kali pada saat itu bernama Ciao. Ciao sendiri pada akhirnya tutup karena banyaknya para pencari uang di internet yang menggunakan cara curang. 

Saya sempat tidak yakin bakal dibayar karena aturannya yang sedikit sulit saya rasa. Harus menggunakan bahasa inggris dan tidak boleh copy paste dari orang lain. Disamping itu produk yang harus direview juga bukan produk yang biasa saya gunakan. Jadi benar-benar tidak tahu harus membicarakan apa.

Tapi karena merasa tak ada ruginya untuk dicoba, saya coba ikuti gaya bahasa orang lain yang berkomentar pada produk tersebut. Hasilnya, saya dibayar.

Ya, gaji pertama saya dari internet adalah dari situs review, Ciao.

Saya masih ingat saya dibayar sekitar $5 pada saat itu. Untuk satu review yang saya buat di salah satu produk yang ditawarkan.

Pembayaranya melalui paypal. Kebetulan pada saat itu saya sudah punya paypal. Begitu masuk paypal, saya langsung coba cairkan ke rekening bank melalui bantuan pihak ketiga.

Memang tidak seberapa, tapi untuk hal baru cara menghasilkan uang, dunia internet benar-benar menarik bagi saya pada saat itu.

Sejak saat itu saya semakin aktif menggunakan internet. Menghabiskan waktu untuk membaca artikel menarik tentang bisnis internet. Banyak hal menarik yang didapat. Secara tidak langsung membawa saya mengerti banyak hal untuk perkembangan teknologi saat ini.

Semoga menjadi cerita menarik bagi Anda. Terima kasih, salam sukses.


Posting Komentar