Cara Memotret Milky Way dengan Kamera HP

Cara Memotret Milky Way dengan Kamera HP

Menangkap keindahan Galaksi Bima Sakti atau Milky Way dalam sebuah foto bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.

Meskipun pada awalnya terdengar sulit, namun dengan kamera HP yang dimiliki hampir semua orang saat ini, Anda pun bisa mengabadikan momen magis ini.

Lalu, bagaimana cara memotret Milky Way hanya dengan menggunakan kamera HP? mari kita bahas!

Tentang Milky Way

Milky Way adalah galaxy besar yang terdiri dari miliaran bintang, awan debu kosmik, dan gas antarbintang yang membentang lebih dari 100.000 tahun cahaya. Ini adalah spiral berbaris dengan inti yang padat di tengahnya.

Tata Surya kita, bersama dengan ratusan miliar bintang lainnya, berputar di sekitar pusat galaksi ini dengan kecepatan sekitar 828.000 km/jam.

Ada juga beberapa struktur menarik di dalamnya, termasuk lingkar-lingkar spiral, lengan- lengan spiral, dan gumpalan-gumpalan gas dan debu yang disebut nebula.

Milky Way juga telah menjadi subjek penelitian yang intens, membantu kita memahami evolusi galaksi dan kosmos secara umum..

Jenis HP yang Bisa Memotret Milky Way

Meskipun tidak semua jenis HP memiliki kemampuan untuk memotret Milky Way dengan baik, beberapa HP terbaru dilengkapi dengan fitur kamera yang mampu menangkap cahaya rendah dengan baik, sehingga memungkinkan untuk mengambil gambar Milky ay yang memukau.

Anda tidak perlu mencari aplikasi kamera Milky Way di Play Store. Karena untuk dapat memotret Milky Way di malam hari, Anda bisa langsung menggunakan kamera HP. Tentunya dengan sedikit settingan.

Kekurangan Kamera HP Dibanding Kamera Profesional

Meski kamera HP dapat menghasilkan foto Milky Way yang bagus, namun masih terdapat beberapa kekurangan dibandingkan dengan kamera profesional, seperti keterbatasan dalam pengaturan manual dan kualitas gambar yang mungkin kurang tajam.

Cara Memotret Milky Way dengan HP

Cara memotret Milky Way dengan HP bisa Anda lakukan sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih Tempat yang Tepat

Untuk mengambil foto Milky Way yang bagus, Anda perlu mencari tempat yang terpencil dan minim cahaya. Cahaya dari kota atau gedung-gedung tinggi dapat mengganggu pengambilan foto Milky Way.

Jam berapa Milky Way muncul? Milky Way akan muncul di saat matahari sudah terbenam. Artinya Milky Way sebenarnya selalu ada, hanya saja tak tampak karena hanya bisa dilihat saat langit gelap.

Cara mengetahui posisi Milky Way itu mudah. Banyak aplikasi di Play Store yang bisa Anda instal, salah satunya Star Trecker.

2. Gunakan Tripod atau Stabilisator

Untuk menghindari foto yang buram, Anda harus menahan HP Anda agar tidak goyang selama pengambilan foto. Sebaiknya Anda menggunakan tripod atau stabilisator untuk menjaga kamera Anda tetap stabil.

4. Gunakan Timer atau Remote Shutter

Menggunakan timer atau remote shutter juga dapat membantu Anda menghindari goyangan pada kamera HP Anda saat mengambil foto Milky Way. Karena dari detik pertama memotret, semua objek harus pada keadaan yang tetap.

5. Cari Sudut yang Tepat

Anda perlu mencari sudut yang tepat untuk mengambil foto Milky Way. Coba cari sudut yang membuat Milky Way menjadi objek utama pada foto Anda. Jika langit sangat cerah, cobalah untuk menambahkan objek lain pada foto Anda, seperti pohon atau bangunan.

6. Setting Kamera Milky Way

Untuk mengambil foto Milky Way yang bagus, Anda harus memahami pengaturan pada kamera HP Anda. Mode manual (Pro) pada kamera HP memungkinkan Anda mengatur ISO, Shutter Speed, dan Aperture secara manual.

ISO yang lebih tinggi memungkinkan HP Anda mengambil foto dalam kondisi cahaya yang minim, namun juga akan meningkatkan noise pada foto. 

Shutter Speed yang lambat dapat membantu Anda mengambil foto yang lebih terang, namun Anda juga perlu menahan ponsel Anda agar tidak goyang selama pengambilan foto.

Aperture yang besar akan memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke kamera dan membantu mengambil foto yang lebih terang.

Anda bisa mencoba dari pengaturan yang lebih besar: ISO paling besar, Shutter Speed paling besar, Aperture paling jauh. Tinggal Anda sesuaikan saja bila hasil foto terlalu terang atau buram, cukup mengurangi ISO dan shutter speed.

Untuk Aparture biarkan saja yang paling jauh, karena memang kamera digunakan untuk mengambil objek yang jauh.

  1. Persiapkan HP: Pastikan HP Anda memiliki aplikasi kamera yang dapat mengatur pengaturan manual seperti ISO, shutter speed, dan white balance.
  2. Atur Pengaturan Kamera: Setel ISO ke nilai yang tinggi, bukaan lensa sebesar mungkin, dan sesuaikan shutter speed agar tidak terlalu lama atau terlalu cepat.
  3. Fokus Manual: Atur fokus kamera ke mode manual dan fokuskan pada bintang-bintang yang paling terang di langit.
  4. Ambil Foto: Tekan tombol rana dengan lembut dan biarkan kamera menangkap cahaya selama beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada kecerahan langit.

Cara Edit Foto Milky Way Hasil Kamera HP

Setelah memotret, Anda bisa mengedit foto Milky Way menggunakan aplikasi pengeditan foto seperti Adobe Lightroom Mobile atau Snapseed. Sesuaikan kontras, kecerahan, dan keseimbangan warna untuk meningkatkan kualitas foto.

Tips

  • Bila memungkinkan, gunakan aplikasi kamera pihak ketiga untuk mengakses pengaturan manual yang lebih luas.
  • Periksa ramalan cuaca untuk memastikan langit cerah dan minim awan.
  • Jangan lupa membawa power bank untuk menghindari kehabisan baterai saat memotret di malam hari.

Meskipun memotret Milky Way dengan kamera HP memiliki beberapa keterbatasan, namun dengan pengetahuan dan persiapan yang tepat, Anda bisa mengambil gambar yang memukau dan membagikannya dengan teman-teman atau di media sosial. Selamat memotret!

Post a Comment