Pantai Harlem: Salah Satu Pantai Terbaik di Papua

Pantai Harlem

Wisata alam di Papua selalu menarik untuk dibahas. Keindahan alam yang masih terjaga membuat pulau ini layak untuk dikunjungi. 

Semakin dicari tahu, Papua semakin membuat penasaran. Nah, di sini saya akan berbagi cerita tentang salah satu wisata alam terbaik di Papua, namanya Pantai Harlem.

Pantai Harlem

Pantai Harlem merupakan salah satu pantai Papua yang terletak di sekitar Jayapura, Papua, tepatnya di Desa Tablasupa, Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dan merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jadi bukan hanya di Raja Ampat, Papua Barat kita bisa melihat pantai yang indah ya, provinsi Papua juga banyak pantai yang indah, salah satunya Pantai Harlem ini.


Hendak berkunjung ke sana? mari kita lihat dulu beberapa hal yang saya dapat saat berkunjung ke sana.

Cerita Perjalanan ke Pantai Harlem

Saya dan beberapa teman memulai perjalanan dari Abepura, Jayapura. Perjalan memakan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di Depapre. Sesampainya di dermaga Depapre kami langsung menyebrang menggunakan boot yang telah disewa. Perjalanan menggunakan boot kurang lebih 15 menit, selama di boot kami hanya bisa melihat laut lepas dan beberapa bukit yang jauh, sebelum akhirnya sampai di Pantai Harlem.

Pantai Harlem memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang biru jernih menciptakan pemandangan yang memukau. Selain itu, terdapat juga bebatuan karang yang menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil yang indah. Pantai ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit, yang menambah keindahan alam di sekitar pantai. Ombak yang nyaris tidak ada, membuat kita merasa nyaman untuk berenang.

Pantai Harlem

Pantai Harlem menawarkan banyak aktivitas wisata yang menarik. Anda dapat melakukan snorkeling, menyelam, atau hanya berenang di air laut yang jernih. Anda juga dapat menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau berjemur di atas pasir putihnya yang lembut. Selain itu, Anda dapat menyewa perahu/boot untuk berkeliling di sekitar pantai atau menikmati senja yang indah di sore hari.

Di sekitar Pantai Harlem terdapat pemukiman masyarakat setempat yang memiliki kegiatan keseharian yang menarik untuk disaksikan. Anda dapat melihat bagaimana masyarakat setempat bekerja dan berinteraksi satu sama lain. Saat di sana saya melihat beberapa anak yang asik menghabiskan waktu bermain dengan teman-temannya. Tentu menambah serunya beraktivias di sana.

Salah satu yang sangat saya suka adalah kebersihan di sekitar pantai. Terlepas dari tidak banyaknya kunjungan harian, saya rasa warga sekitar memang sangat menjaga kebersihan di pantai ini. Dengan kebersihan yang selalu terjaga, akan menjadi nilai lebih bagi wisatawan yang ingin merasakan wisata alam yang terjaga, setiap orang akan berusaha bersama-sama menjaga kebersihan.

Terdapat juga kolam air tawar di dekat pantai, tepatnya berada di sekitar permukiman warga. Air tawar yang ada di kolam berasal dari bukit yang ada di belakang pantai. Air kolam ini juga mengalir ke pantai.

Kolam Air Tawar Pantai Harlem

Banyak hal lain yang saya dapat selama di sana, sangat seru. Yang jelas masih ada niat untuk kembali lagi ke pantai ini, tempat yang cocok untuk melepas penat.

Sebuah video yang saya abadikan saat akan bersandar di bibir Pantai Harlem. Jernih!

Bisa dilihat betapa indahnya pantai ini. Air yang jernih, dedaunan pohon kelapa yang bergerak bak melambai-lambai, matahari yang cerah. Semua memberi suasana hati yang damai, tak sabar ingin berenang 😃.

Sebelum pulang kami diajak untuk melihat pulau kecil di sekitar pantai. Video di atas adalah salah satu pulau kecil terdekat yang ada di dekat pantai.

Fasilitas dan Aktivitas

Sayangnya saat saya ke sana tidak bermalam, jadi tidak sempat untuk bertanya, apakah tersedia akomodasi. Tapi menurut cerita teman yang sudah bermalam di sana, mereka lebih merekomendasikan untuk membawa tenda sendiri, karena memang tempatnya saat layak untuk menghabiskan malam meski hanya tinggal di tenda, yang jelas katanya tidak ada nyamuk.

Saya juga tidak menemukan kios yang menjual makanan minuman. Mungkin saja ada, tapi hanya untuk kebutuhan makan dan minum ringan.

aktivitas seperti kebanyakan pantai pada umumnya

Tips Perjalanan

Pantai Harlem dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Kota Jayapura, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel untuk menuju ke tempat terdekat, Depapre. Anda harus parkir kendaraan di sini. Tenang saja, sudah ada area parkir dan penjagaan sampai Anda pulang kembali. Setelah itu, Anda dapat menggunakan speedboat untuk menuju ke Pantai Harlem. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Depapre memungkinkan untuk pulang dan pergi dalam satu hari.

Untuk yang dari luar kota, ada baiknya bersama teman yang sudah tinggal lama di Jayapura, agar perjalan lebih mudah. Karena untuk menuju ke sana butuh waktu dan persiapan yang baik.

Informasi Praktis

  • Tidak terdapat ATM. Ambilah uang secukupnya sebelum menyebrang ke Pantai Harlem.
  • Jaringan internet tersedia. Meski berada cukup jauh dari Depapre, jaringan internet masih tersedia.

Penutup

Pantai Harlem merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di sekitaran Jayapura, Papua. Keindahan alamnya yang memukau dan aktivitas wisata yang dapat dilakukan menjadikan Pantai Harlem sebagai tempat yang sempurna untuk berlibur. Bagi wisatawan yang mencari tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, Pantai Harlem adalah pilihan yang tepat.

Posting Komentar