Pantai Amai Papua Punya Dua Rasa Air, Asin dan Tawar

Pantai Amai Papua

Setiap tempat wisata pasti punya keunikan tersendiri yang membuat daya tarik bagi wisatawan yang hendak berkunjung. Hal unik ini juga terdapat di salah satu pantai yang ada di Papua. Namanya adalah Pantai Amai. Keunikan yang dimiliki pantai ini adalah terdapatnya dua rasa air, yaitu air asin dan tawar.

Sebelum bercerita tentang keunikannya, kita cari tahu dulu tentang Pantai Amai. Pantai Amai berada di Tablasupa, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Berjarak sekitar 55 km dari kota Jayapura, pantai ini bisa dikunjungi dengan kendaraan roda 2 atau lebih dalam sehari. Jalan menuju pantai cukup layak untuk dilalui. Anda akan melewati beberapa bukit untuk sampai di sana. Pantai ini juga berada di dekat Pantai Harlem.

Keunikan Pantai Amai Papua

Seperti pantai pada umumnya yang merupakan bagian tepi dari pada lautan yang luas, rasa airnya juga pasti asin. Lalu dari mana rasa tawar itu berasal? rasa tawar itu sebenarnya bukan berasal dari air laut, melainkan dari pegunungan yang ada di dekat pantai.

Pantai Amai berada di dekat pegunungan Cycloop, salah satu gunung yang ada di Papua, tepatnya di dekat kota Jayapura. Seperti kebanyakan pegunungan, pasti memiliki aliran sungai yang menuju ke laut. Di sinilah air tawar itu berasal. Air tawar dari pegunungan Cycloop mengalir dan bersatu tepat di bibir Pantai Amai. Itulah sebabnya Pantai Amai memiliki dua rasa air, asin dan tawar.

Bukan hanya karena rasa airnya yang unik, Pantai Amai juga memiliki hal seru lainnya. Seperti ombak kecil untuk berselancar, air yang jerni, pantai yang luas, dan tempat yang tenang,

Ombak Kecil Untuk Berselancar

Meski buat spot pilihan untuk berselancar, Pantai Amai bisa jadi tempat untuk aktivitas berselancar. Karena di pantai ini terdapat ombak kecil yang siap mendorong Anda ke bibir pantai. Saat di sana, saya melihat banyak anak kecil menggunakan papan sederhana saat berselancar. Tentu hal menarik untuk dicoba.

Air yang Jernih

Karena berada di laut lepas Samudera Pasific, air di pantai ini terlihat cukup jernih. Pada saat hari cerah, Anda bisa melihat warna air yang terlihat berwarna biru. Bila berada di bagian air yang tenang, dasar pantai akan terlihat dengan pasir dan karang yang indah.

Pantai yang Luas

Bermain bola di pantai adalah hal menyenangkan untuk dilakukan. Hal ini dapat Anda lakukan di Pantai Amai. Bibir pantai yang luas dan pasir yang halus dapat dijadikan tempat yang seru untuk bermain bersama-sama.

Tempat yang Tenang

Meskipun berada tidak jauh dari permukiman warga, Pantai Amai merupakan tempat yang tenang untuk melepas penat. Suara ombak dan angin akan menambah damainya berada di pantai yang indah.

Untuk akomodasi, Pantai Amai memiliki beberapa tempat penginapan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tidak perlu ragu untuk bermalam di pantai ini. Masyarakat sekitar yang rama akan selalu menarik untuk diajak berinteraksi.

Pantai Amai adalah pantai yang indah. Anda bisa mengabadikan banyak foto di sini.

Pantai Amai Papua

Tips Berkunjung ke Pantai Amai Papua

1. Bila hendak pulang pergi, ada baiknya datang lebih awal. Karena jarak yang cukup jauh dari kota membuat perjalan ke pantai ini memakan banyak waktu.

2. Bila hendak bermalam, pastikan terlebih dahulu ada penginapan yang kosong. Karena bisa saja banyak yang sedang berkunjung di hari yang sama dengan Anda. Pastikan juga makanan tersedia selama Anda bermalam di sana.

3. Siapkan uang cash. Berada di daerah cukup jauh dari kota mungkin akan sulit bagi Anda menarik uang dari ATM terdekat. Pastikan uang yang Anda miliki cukup untuk beraktivitas selama di sana.

4. Bawa makanan yang banyak. Pantai Amai memiliki pondok yang bisa disewa untuk beristirahat. Beristirahat sambil makan adalah cara terbaik menikmati liburan yang indah di Pantai Amai.

5. Bijaksana dalam berwisata. Sama seperti semua tempat wisata, Pantai Amai juga harus kita jaga bersama. Jagalah kebersihan pantai, bersikap baiklah selama berwisata. Bijaksana dalam berwisata adalah bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam.

Papua punya banyak pantai yang indah, salah satunya Pantai Amai. Keunikan dua rasa air asin dan tawar akan menjadi daya tarik tersendiri untuk yang sedang mencari pantai dengan suasana yang berbeda. Persiapan yang matang akan menambah keunikan dalam perjalanan. Tunggu apa lagi? ayo jalan-jalan!

Posting Komentar

Postingan Populer