Cara Melihat Notifikasi Tanpa Membuka HP

Xiaomi Smartband, Converse

Kesibukan kadang membuat kita sulit untuk melakukan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Seperti saat sedang memasak, HP atau ponsel biasanya kita letakkan di atas meja atau di saku, tidak ingin handphone mengganggu aktifitas memasak atau takut nanti bakal kotor. Tetapi karena adanya notifikasi baru, biasanya kita berusaha mengambil untuk melihatnya. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktifitas memasak.

Saat ini kebanyakkan smartphone memang sudah dilengkapi dengan fitur Google Asisten. Tetapi kenyataanya di lapangan penggunaannya belum seefektif yang kita harapkan. Seperti membaca pesan yang masuk, biasa kita harus mengucapkan perintah suara berulang dan mendengarkannya dengan jelas. Tentu saja pada akhirnya kita jadi memilih untuk mengecek HP secara langsung.

Ada cara mudah melihat notifikasi baru dari HP tanpa membuka isi HP. Yaitu dengan menggunakan Smartband.

Apa itu Smartband? Smartband adalah gadget atau perangkat yang saat ini sedang popular digunakan sebagai alat pengecek kesehatan tubuh dan sekaligus sebagai aksesoris di lengan. Bentuknya yang seperti jam tangan membuat kebanyakan orang sering salah menyebut namanya. Smartband memiliki beberapa fungsi: seperti jam, notifikasi, memutar musik (langsung dari smartgear) dan fungsi kesehatan. Keunggulan smartgear ini memang ada pada fungsi pengukuran tingkat kesehatan tubuh. Dari beberapa fungsi tersebut, saya akan membahas soal bagaimana mengunakan fungsi notifikasi yang sinkron dengan HP, yang bisa secara langsung kita lihat pada Smartband kita.

Untuk Smartband sendiri, saat ini sudah banyak di pasaran. Beberapa merk terkenal sudah mengeluarkan beberapa produk mereka dalam beberapa tahun terakhir. Untuk fungsi notifikasi, kebanyakan Smartband sudah memilikinya, bahkan untuk produk lama. Jadi untuk mencoba cara ini tidak perlu membeli produk yang paling baru.

Saya sendiri menggunakan Smartband dari merk Xiaomi. Tepatnya Xiaomi Mi Band 5. Produk ini sudah direlease beberapa tahun yang lalu, tetapi sampai saat ini masih baik dan berguna untuk menemani aktifitas saya.

Cara untuk menggunakan Smartband ini adalah harus memiliki Smartbandnya dulu 😁. Bisa dibeli dengan harga sekitar 600 ribu sampai 3 juta rupiah. Banyak di toko online saat ini.

Bila sudah memiliki Smartband, langsung hubungkan dengan smartphone Anda. Caranya yaitu dengan menginstal aplikasi yang sesuai dengan Smartband, akan ada petunjuk penggunaan dalam paket penjualan. Lalu hidupkan bluetooth agar Smartband dan Smartphone dapat terhubung. Bila sudah terhubung, buka pengaturan notifikasi, ada beberapa pengaturan untuk notifikasi yang akan Anda terima. Seperti SMS, Whatsapp, panggilan, dll. Pilih yang ingin Anda tampilkan di Smartband. Jika sudah berhasil, saat notifikasi masuk pada HP, Smartband akan mendapatkan notifikasi yang sama. Jadi tidak perlu bolak-balik lihat HP lagi bukan? cukup gerakkan tangan.

Jadi itulah cara mendapatkan notifikasi tanpa membuka HP. Dengan adanya teknologi yang memberi kemudahan diharapkan bisa memberi hidup yang lebih efisien. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar